share

HBK Dukung Bangkitnya Pariwisata NTB

by
6 views
F-LINTAS ALAM

MENYAMBUT dibukanya kembali jalur pendakian di Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR), Sabtu, 22 Agustus 2020 lalu. Tim HBK Peduli Kab. Loteng menjajal jalur pendakian melalui Desa Aik Berik, Kec. Batukliang Utara, Kab. Loteng.

Jalur Pendakian ini adalah salah satu dari empat jalur pendakian resmi menuju Rinjani.

Pendakian ini digagas oleh Tim HBK Peduli Kab. Loteng, bekerjasama dengan Pemerintah Desa Aik Berik dan beberapa komunitas atau organisasi pemuda yang berkegiatan di kawasan Green Belt Rinjani (Lingkar Rinjani).

Selama masa pandemi ini sektor pariwisata di P. Lombok sangat terdampak, setelah pemerintah menerapkan kebijakan New Normal, upaya2 untuk kembali membangkitkan bisnis pariwisata terus dilakukan, termasuk kegiatan pendakian yg dilakukan oleh Tim HBK Peduli. Ini juga adalah bentuk dukungan dari Bapak  H. Bambang Kristiono, Anggota DPR RI, dari Dapil P. Lombok, dan TIM dalam mendukung upaya2 percepatan pemulihan sektor pariwisata di P. Lombok pasca bencana Gempa Bumi Tahun 2018 dan Pandemi Covid 19.

“Saya mengharapkan dengan dibukanya kembali jalur pendakian Rinjani ini dapat menghidupkan kembali pariwisata di P. Lombok, dan tentu saja ini akan berdampak berputarnya kembali perekonomian masyarakat”, ungkap HBK yang menjabat Wakil Ketua Komisi I DPR RI ini.

Sinergi antara kader Partai Gerindra di eksekutive, anggota2 Dewan Partai Gerindra, pengurus Partai Gerindra dengan masyarakat dan pihak pemerintah untuk bersama-sama memaksimalkan ikhtiar guna mempercepat bangkitnya perekonomian masyarakat harus terus dilakukan.

HBK juga mendukung penuh langkah para Bupati di lingkar Rinjani, Pemprov NTB, dan pihak TNGR yang telah memberikan rekomendasi pembukaan kembali jalur pendakian ini, apalagi TNGR telah memperoleh sertifikat Clean, Healthy, Safety, and Environment (CHSE) dari Kementerian Kesehatan RI beberapa waktu lalu.

Jalur pendakian Aik Berik merupakan salah satu jalur pendakian yang memiliki kelebihan dibandingkan jalur2 pendakian lainnya, diantaranya para pendaki akan disajikan keaneka-ragaman flora dan fauna, dan tentu saja terdapat sumber mata air disetiap pos peristirahatan.

“Kelebihan lainnya adalah terdapat situs geologi dan situs sejarah yang tidak ada di jalur2 lain pendakian seperti jejak kaki Umar Maya, pemandangan indah di jalur Pelawangan Aik Berik, Pelawangan Batu Belah, dan Puncak Gunung Kondo”, kata Ali Utsman Ahim, Ketua HBK Peduli Prov. NTB dalam sambutannya saat pelepasan keberangkatan Tim.

Sementara itu, Kepala Desa Aik Berik, Muslehudin M.Pd mengatakan, selain sebagai jalur pendakian, wisatawan juga dapat berkunjung ke air terjun Benang Kelambu dan Benang Stokel yang masih berada di kawasan jalur pendakian.

Tak hanya aman untuk dilewati, jalur pendakian ini juga memiliki beberapa keunggulan dibandingkan jalur pendakian lainnya. Salah satunya adalah memiliki sumber air yang melimpah dan sangat mudah ditemukan.

“Kami pihak desa mengucapkan terima kasih kepada pak HBK dan teman-teman dari PAC Gerindra Batukliang Utara yang menginisiasi kegiatan ini. Juga kepada pak HBK yang memberikan komitmennya turut memperjuangkan program-program yang ada di Pusat untuk membantu berkembangnya destinasi wisata di wilayah kami”, katanya. (*)

Categories:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Haji Bambang Kristiono,SE
Close Cookmode